Jumat, 06 Desember 2019

.


(Bukan) Review Film Trinity Traveler

            Anggap aja ini semacam review atau tulisan ini terinspirasi setelah saya nonton film Trinity Traveler. Saya nggak ada niat buat komentari isi filmnya secara detail, hanya garis besarnya aja yang sebenarnya intinya ada sesuatu yang ingin saya sampaikan tentang kegelisahan pikiran terhadap kehidupan seorang independent women yang belum menikah di usia yang sudah cukup matang. Bicara soal umur, aslinya seorang Trinity itu sudah dewasa banget sehingga rasanya kok kurang cocok aja kalo yang memerankannya adalah seorang Maudy Ayunda yang wajahnya masih imut abis dan style-nya anak kuliahan banget. Mungkin karakternya akan lebih masuk kalo diperankan oleh Nadine Chandrawinata yang kita tahu jiwa ngebolangnya itu dapet banget. Jadi kalo yang meraninnya Maudy Ayunda karakternya kurang dapet kalo menurut saya.
            Apalagi saya pernah bertemu langsung dengan Mbak Trinity yang asli di dunia nyata dua tahun lalu di Ubud. Sosoknya tuh mature banget dan jauh dari kata feminin. But it’s oke, so far film ini mensugesti pikiran saya tentang kehidupan seorang wanita yang nggak merasa khawatir sama yang namanya jodoh. Nah, ini yang bikin saya tertarik, ada beberapa hal dalam film ini yang saya akui kebenarannya, seperti kalau orang sedang jatuh cinta itu bisa merusak fokus pada pekerjaan dan kehidupan pibadi. Emang bener banget sih.
            Dalam film itu menceritakan ketika Trinity sedang jatuh cinta, ia malah kurang fokus dengan tulisannya, jadi terbagi pikirannya dan merusak moodnya. Tapi ketika dia sudah terbebas dari hubungannya dengan Paul pacarnya yang nggak jelas itu, Trinity bisa kembali fokus dengan impiannya dan jalan hidup yang ia pilih sebagai seorang traveler. Ada satu quotes menarik tentang kebahagiaan dalam film ini, menurut Trinity ‘kebahagiaan itu bukan soal tempat atau pasangan hidup, tapi kebahagiaan itu ada di pikiran’. Emang bener sih, punya pasangan hidup atau dapat jodoh belum tentu loh bisa bikin bahagia. Kalau nggak sehati dan nggak sejalan yang ada ya bubar jalan.


 Jadi penulis merangkap traveler tuh asik banget, sumpah!

            Mungkin Trinity atau perempuan lain pada umumnya nggak terlalu menginginkan jodoh yang sesuai ekspektasi, tapi setidaknya yang namanya pasangan hidup itu bisa menjadi bagian hidupnya yang selalu ada. Komunikasi yang baik dan intens itu juga sangat penting dalam sebuah hubungan. Kalau komunikasi aja susah dan kaku, gimana mau hidup bersama satu atap seumur hidup? Setelah nonton film ini kok jiwa traveler saya jadi kembali bergejolak ya? Melihat keasyikan Trinity berpetualang dan berprofesi sebagai penulis traveling kok enjoy banget.
            Dan pikiran saya tentang laki-laki pun jadi semakin terbuka. Mungkin karena apa yang Trinity alami terhadap pacarnya yang kurang menyenangkan itu mempengaruhi penilaian terhadap laki-laki, kalau semua laki-laki itu ya memang sama aja. Nggak ada yang bisa paham dan peka dengan perasaan perempuan walaupun si perempuan sudah blak-blakan mengutarakan kemauannya. Jiaahhh jadi curcol.
            Intinya sih gitu, buat apa punya pasangan kalau nggak selalu ada dan nggak bisa menjadi bagian dari hidup. Punya pacar cuma sekadar jadi teman ngobrol, nonton dan makan itu sih nggak ada faedahnya. Apalagi nggak bisa jadi tempat berbagi, semuanya masih dipendem sendiri. Ya sudahlah jadi seperti Trinity ajah kalo gitu, ngebolang sendiri menikmati hidup tanpa ada yang membebani. Keluarga sih tetap nomor satu, tapi me time juga perlu. Hidup biar gak kebanyakan panik memang harus diimbangi dengan piknik. Setujuuu!
            Dari film ini juga saya bisa ambil hikmah kalo jangan pernah takut dengan usia mature tapi belum menikah juga. Istilah perawan tua itu seharusnya bukan hal yang perlu ditakuti. Tapi takutlah kalo menikah hanya untuk menggugurkan status single aja sedangkan kebahagiaan tidak sama sekali didapatkan. Untuk apa?
            Ini review-nya melebar ke mana-mana ya jadinya, hehe. Tapi tetep toh dalam film ini intinya kan soal menemukan pasangan hidup alias jodoh yang tak kunjung ditemukan juga. Akhirnya tetep lanjut jadi traveler deh. Sebenarnya seru kok hidup bebas dan bisa fokus dengan karier tanpa harus memikirkan hal nggak penting, istilahnya sekarang mah nge-bucin gituh. Baper nggak jelas yang belum tentu si dia juga merasakan hal yang sama. Asek curcol lagi kitah.
            Oya, dalam film ini Trinity mempunyai beberapa sahabat yang selalu mendukungnya dalam berbagai hal. Dan serunya lagi, sahabatnya juga ikut terlibat dalam dunia Trinity, pecinta traveling semua intinya. Jadi inget sama dua sobat ambyar saya Poet dan Ubaidil yang selalu jadi teman traveling dengan bajet minim, yang punya prinsip biar lagi kere asal bisa lanjalan pokoknya kitah, hahahah.
            Jadi kesimpulannya adalah nikmatilah hidupmu selagi bisa. Jangan berkutat dengan hal-hal yang bertentangan dengan kemauanmu. Setiap orang pasti menginginkan sebuah kebebasan yang menyenangkan. Punya pasangan sih oke-oke ajah selagi pasangan tersebut sehati dan sejalan juga nggak bikin kita berubah jadi orang lain dan nggak menjadi beban. So segini aja review plus curcolnya, walopun film ini masih banyak kekurangan dari segi setting dan isinya tapi inti ceritanya kece banget. Jadi pengin ngebolang lagi dah.
***
           

Minggu, 21 Agustus 2016

Cerpen



Secangkir Kenangan
Oleh: Mel A.

            Aku masih  di sini, di tempat yang tak pernah kau lihat. Aku selalu mengamatimu sejak pertama kali kau mengunjungi kedai kopi sederhana ini. Tampaknya kau tergila-gila pada tiap cangkir kopi yang kau sesap hingga tak bersisa. Kau selalu datang dengan wajah lusuh, penat tampak jelas terukir di wajah tampanmu itu. Kau memang tampan, dengan alis tebal terukir jelas dan hidung mancung serta lesung pipi yang menambah keindahan wajah tampanmu.
            Ada satu hal yang membuatku selalu bertanya-tanya, setiap kau sudah duduk di salah satu sudut favoritmu dan membuka gadget, spontan senyummu mengembang diselingi dengan tawa. Wajahmu mendadak ceria dan penatmu tampak hilang seketika. Aku sangat ingin tahu, apa yang membuatmu menjadi seperti itu? Apakah aroma kopi hitam yang menguar dari cangkirmu itu yang mengubah bad mood-mu? Atau ada sesuatu lain di layar gadget-mu yang mampu menyihirmu menjadi ceria seketika.
            Tak jarang kau menelepon entah siapa. Yang pasti kau sedang berbicara dengan seorang wanita. Dari namanya yang kau sebut sudah jelas lawan bicaramu adalah seorang wanita. Hana, itu nama yang selalu kau panggil diiringi kata sayang setelahnya. Hana sayang, kamu lagi apa? Hana sayang, kamu hari ini pakai baju apa? Hana sayang, kamu lagi di mana?
            Sepertinya wanita  bernama Hana itu sangat spesial bagimu. Setiap hari yang kausebut selalu nama Hana, seolah tak ada yang lain lagi yang bisa kau ajak bicara selain Hana. Aku selalu memperhatikanmu, walau kau tak pernah pedulikan aku sedikitpun. Bahkan kau seolah tak pernah menyadari kehadiranku yang selalu ada di satu sudut lain kedai ini. Kau selalu sibuk dengan gadget dan cangkir kopimu.
            Sesekali aku menguping pembicaraanmu, kau kerapkali membahas tentang kopi kesukaanmu. Pembicaraan tentang kopi sangat mendominasi di setiap teleponmu dengan wanita bernama Hana itu. Tampaknya wanita di seberang sana juga mempunyai kesukaan yang sama denganmu, minum kopi. Tak ada bosannya kalian membahas tentang kopi dan kopi.
            Walaupun kerap kudengar kau berdalih setiap Hana memarahimu jika kopi yang kau minum sudah melebihi batas normal. Kau mempunyai penyakit asam lambung dan maag yang sudah kronis, tak seharusnya kau merasa aman dengan kopi hitam kesukaanmu itu. Tapi kau memang bandel, tetap saja tak mengurangi kebiasaanmu meminum kopi setiap hari.
            Tak pernah sekali pun kau tak datang ke kedai ini setiap harinya, kecuali hari libur kerjamu. Tak jarang kau mengeluh tentang kopi buatan istrimu yang tak sesuai dengan seleramu. Tunggu! Istri? Apakah kau sudah mempunyai istri? Lalu siapakah Hana yang selalu kau panggil sayang itu? Aku mulai tak mengerti, ada apa dengan kehidupan pribadimu dan apa statusmu? Kenapa ada dua wanita dalam hidupmu? Entah apa masih ada wanita lain selain Hana dan istrimu yang tak aku tahu. Kenapa aku jadi sangat ingin tahu dan sungguh tertarik padamu?
            Kau memang menarik, itu yang aku rasakan sejak pertamaku melihatmu. Terlepas dari keinginanku yang sangat ingin kau juga memperhatikanku setiap kali kau singgah di kedai kopi ini. Sederhana saja, aku ingin kau melihatku, hanya itu. Aku tak pernah berharap lebih dari itu. Entah bagaimana caranya agar aku bisa menarik perhatianmu. Kau selalu disibukkan oleh gadget dan Hana serta kopi hitammu. Seolah tak ada hal lain yang mampu menarik perhatianmu selain hal itu.
            Selain pembicaraan tentang kopi, kau dan Hana selalu membahas tentang petualangan. Sepertinya kau sangat ingin bepergian berdua dengan Hana berkeliling Indonesia. Mulai dari Aceh Tenggara, tepatnya di dataran tinggi tanah Gayo, tempat yang terkenal dengan kopi Gayo. Lalu ceritamu beralih ke Sulawesi Selatan, sepertinya kau sangat penasaran dengan kopi Toraja. Kau pun sangat ingin bertandang ke Bangli, menyesap kopi Kintamani seraya berlibur ke pulau Bali. Hingga sampailah khayalanmu menuju Wamena, ingin juga kau menikmati aroma kopi arabika Wamena di lembah pegunungan Jaya Wijaya, Papua.
            Semua perbincanganmu dengan Hana selalu tentang khayalan akan sebuah petualangan beraroma kopi. Kalian sangat ingin menjelajah setiap daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia, keluar dari rutinitas harian yang membosankan dan merengkuh kebersamaan kalian yang selama ini hanya kalian nikmati melalui dunia maya dan gelombang suara saja. Hey ... jadi selama ini kalian belum pernah bertemu di dunia nyata?
            Aku ingat tentang cerita kalian akan sebuah pertemuan di dunia nyata yang hingga detik ini belum juga terlaksana. Impian kalian untuk hidup bersama dalam sebuah petualangan dan menuliskan kisah kalian dalam sebuah cerita panjang tentang cinta yang entahlah kalian pun tak pernah tahu akan mengarah ke mana. Aku sangat iri dengan kisah kalian yang penuh dengan impian dan harapan untuk dapat bahagia bersama. Sangat indah sekali khayalan kalian berdua.
            Sudah cangkir kedua. Hari ini tak biasanya kau menghabiskan waktu lebih lama di tempat ini. Dan kegiatanmu masih saja berkutat dengan gadget serta perbincanganmu dengan Hana. Senja telah beranjak menuju pekatnya malam dan kau masih saja tak bergerak dari sudut favoritmu itu. Aku pun merasa senang karena hari ini bisa menikmati senyum manismu lebih lama dari biasanya.
            Besok hari Sabtu dan Minggu, dua hari ke depan aku pasti akan sangat merindukanmu. Kau libur dari rutinitas kerjamu dan Senin sore baru aku bisa melihatmu lagi di sini. Entahlah, kenapa aku selalu menantikanmu setiap waktu. Walau tak pernah sekali pun aku bisa menarik perhatianmu dan menggeser posisi cangkir kopi hitammu itu. Tapi tak mengapa, bisa melihat senyummu saja sudah cukup bagiku. Kau memang selalu mampu membuatku terus merindumu.
***
            Ada pemandangan lain sore ini. Sudut favoritmu kulihat tak lagi di tempati hanya kau sendiri. Ada seorang wanita manis dengan rambut ikal sebahu menemanimu duduk sambil menyesap secangkir kopi. Kau tak lagi sendiri ke tempat ini, baru kali ini sejak setahun terakhir kesendirianmu menikmati secangkir kopi hitam dan kini ada sosok lain menemanimu. Yang membuatku terkejut, kau memanggilnya dengan nama yang biasa kau sebut di setiap pembicaraanmu di telepon, Hana. Akhirnya kalian berjumpa!
            Kulihat ada rona bahagia memancar di wajah kalian berdua. Dan pembicaraan kalian masih saja sama, tentang impian akan petualangan keliling Indonesia ke tempat penghasil kopi terbaik yang pernah ada. Dalam waktu dekat kalian merencanakan akan merealisasikannya. Tapi tunggu dulu ... Mengapa kini kalian berdebat tentang hubungan kalian yang tidak pernah ada kejelasan? Kau bergeming saat kudengar Hana memintamu untuk memilih. Jalani hidupmu yang baru dengan Hana atau lupakan saja impian kalian selama ini. Kudengar kalian berdebat dan bertengkar hebat, hingga secangkir kopi panas yang belum tandas kalian tinggalkan begitu saja.
            Ada apa dengan kalian? Yang menantikan indahnya pertemuan namun berakhir  dengan keributan akan kepastian sebuah hubungan. Apakah selama ini kau hanya memberinya harapan palsu? Teganya dirimu! Mendadak aku benci padamu wahai lelaki tampan! Kau yang ternyata adalah suami orang dengan beraninya berjanji untuk menikahi wanita lain yang tak pernah tahu siapa kau sebenarnya. Dan ketika kau dihadapkan pada sebuah pilihan, dengan entengnya kau berdalih tak bisa menyakiti dan mengorbankan seorang yang lain yang lebih dulu hadir di hidupmu sebelum dia. Akhirnya hubungan kalian binasa.
            Aku memandangi secangkir kopi yang masih menguarkan aroma kesukaanmu. Kopi hitam dengan sedikit gula yang untuk pertama kalinya tak tandas hingga tuntas. Pertemuanmu dengan Hana yang hanya berlangsung beberapa saat saja. Meninggalkan secangkir yang belum sempat kalian nikmati hingga malam tiba. Kalian berlalu begitu saja. Aku masih terpaku tanpa bisa berbuat apa-apa. Andai kau izinkan aku untuk menahan wanitamu itu dan memadamkan emosinya, pastilah kalian akan baik-baik saja.
            Betapapun kesalahan yang kau buat pasti ada alasannya. Tak mungkin kau mencintai Hana jika tak terjadi sesuatu dengan pernikahanmu di sana. Tapi kau adalah pecundang yang takut menghadapi kenyataan. Hanya berani berkhayal dan bermimpi tapi takut untuk merealisasikannya. Kau tetap saja salah, tak heran bila Hana meninggalkanmu dan menyudahi impian kalian.
            Andai  saja aku bisa berbuat sesuatu untukmu. Mungkin menjadi penenangmu seperti secangkir kopi yang selalu mampu mengubah bad mood-mu itu. Tapi sayang, kau tak pernah melihatku. Kau tak pernah ingin mengenalku. Kau tak pernah menyukai secangkir teh manis sepertiku. Kau penggila kopi hitam dan kau tak berselera pada secangkir teh manis yang selalu memandangimu dari sudut lain di kedai ini.
            Tak mengapa, aku akan tetap menantikan kehadiranmu seperti biasa. Aku tak akan cemburu pada cangkir kopimu itu, tak juga pada seorang Hana yang tampaknya akan menjadi kenangan dalam hidupmu. Karena sekilas aku mendengar Hana berucap, kalau secangkir kopi yang kalian nikmati tadi akan menjadi secangkir kenangan untuk hubungan kalian yang kandas di awal jumpa.
***


Blog post ini dibuat dalam rangka mengikuti Kompetisi Menulis Cerpen #MyCupOfStory Diselenggarakan oleh GIORDANO dan Nulisbuku.com



Senin, 30 Mei 2016

My Dreams Come True



        Di tahun 2013, aku pernah membuat buku mimpi. Salah satu isinya adalah aku mempunyai keinginan untuk berkunjung ke kota Surabaya dan Malang untuk rafting di sana. Hingga tahun 2016 ini, impian untuk rafting belum juga kesampaian. Tapi aku selalu percaya, jika aku mempunyai keinginan dan impian, aku cari gambarnya dan aku tuliskan di buku mimpiku itu. Walaupun entah kapan waktunya akan terealisasi, aku tetap yakin mimpi-mimpiku suatu saat nanti bisa terwujud dengan jalan yang nggak disangka-sangka.
            Amazing, tanggal 26 Mei 2016 ini, salah satu impianku itu akhirnya bisa terwujud. Ke kota Surabaya dan Malang lalu rafting di sana. Persis seperti apa yang kutulis di buku mimpiku itu, aku pun berjumpa dengan salah satu penulis teman sosial mediaku. Impianku untuk bisa rafting terwujud secara nggak langsung melalui Poet, my sweetest soulmate. Poet memberikanku kado ulang tahun terindah di usiaku yang ke-35 di tahun ini.
            Terbang jam 5 subuh dari bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Juanda, Surabaya. Ini pertemuan kelima yang sebelumnya kami jadwalkan akan berlangsung di Ubud bulan Oktober nanti, ternyata perjumpaan kelima ini terealisasi lebih cepat dari perkiraan.


 At Bandara Juanda, Surabaya
              Dari Surabaya, kami langsung menuju Kota Malang. Sarapan nasi krawu di mobil saking mengejar waktu buat rafting, hihihi (piknik yang dikejar waktu). 
             Sampai di Malang langsung menuju Kampung Lumbung tempat penginapan. Pemandangannya fresh banget dahh. Cuma udaranya dingin banget, hipotermiaku mesti deh kumat-kumatan, hiks.

 Kampung Lumbung

                Setelah cek in, langsung cuss ke Kaliwatu buat rafting, yeaayyyy... seru-seruan pun dimulai. Tapi sayang, Poet nggak bisa ikutan rafting karena sesuatu dan lain hal, hiks. Tapi rapopo, dapet teman satu perahu yang seru-seru kok, hehe. Meskipun arusnya nggak terlalu deras, tapi have fun banget rafting di situ.





 Serasa sungai milik sendiri, abis potonya sendirian ajah, hihihi.

          
               Sampe sore selesai rafting, balik lagi ke penginapan. Istirahat ampe abis isya langsung jalan-jalan ke Batu Night Spectaculer. Lampion gardennya keren bangeetttt. Kalo nggak mabok gegara naik graviton di taman hiburannya mungkin kami bisa pulang subuh saking betahnya.




            Besoknya lanjut ke taman bunga Selecta. Pemandangannya... wuihhh, ajib deh pokoknya.



              Aku sempat mau diculik di Selecta ama Mbak Novy ER, hihihi. Berteman di dunia maya sejak 2012 baru kali ini bisa ketemuan ama penulis yang punya Villa Nova di Kota Malang ini.

            Pulang dari Selecta nyempetin beli oleh-oleh buat orang rumah dan teman-teman di toko, hehe. Lanjut penginapan, cek out, go to Gresik ke rumah Poet. Malemnya nongkrong di angkringan sambil curcol ampe malem.
            Tanggal 28 subuh balik lagi Tangerang dengan rasa masih nggak percaya kalo abis ketemuan ama Poet plus dikasih kado ulang tahun yang ajib. Salah satu mimpiku terwujud di tahun ini. Masih banyak lagi impian yang semoga bisa terwujud dengan jalan yang nggak disangka-sangka. Alhamdulillah, rezeki anak soleh.