Selasa, 08 Mei 2012

10 SIKAP HIDUP BAHAGIA

            1 ° Lepaskanlah rasa Kuatir & Ketakutan  
             Ketakutan dan kekuatiran hanyalah imajinasi pikiran akan suatu kejadian di masa depan yang belum tentu terjadi, kebanyakan hal-hal yang Anda kuatirkan dan takutkan tak pernah terjadi.
                "It’s all only in your mind"
 
                2 °  Buanglah Dendam
Dendam dan Amarah yang disimpan hanya akan menyedot energi diri Anda dan hanya mendatangkan KELELAHAN JIWA, BUANGLAH! Bagaimana cara membuangnya?  Dengan membuangnya begitu saja, 

                    sama seperti Anda membuang bara panas dalam genggaman tangan  
                    Anda.         
                   



                3°  Berhentilah mengeluh
Mengeluh berarti selalu tidak menerima apa yang ada saat ini, secara tidak sadar Anda membawa-bawa beban negatifKetika mengeluh, Anda menjadikan diri Anda sebagai korban. Apakah Anda Bahagia dengan memosisikan diri Anda sebagai korban? 

4°  Bila ada masalah, selesaikan satu per satu
Hanya inilah cara menangani setiap persoalan, satu demi satu.
  
                5°  Tidurlah dengan nyenyak  
                Semua masalah tak perlu dibawa tidur
Hal tersebut buruk dan tak sehat, biasakanlah tidur dengan nyaman.

                6°  Jauhi urusan orang lain
Biarkan masalah orang lain menjadi urusan mereka sendiri. Mereka memiliki cara sendiri untuk menangani setiap masalahnya.







 



                7°  Hiduplah pada saat ini, bukan masa lalu
     Nikmatilah masa lalu sebagai kenangan, jangan tergantung padanya. Konsentrasikanlah hidupmu pada kejadian saat ini, karena apa yang Anda miliki adalah saat ini, bukan kemarin, bukan  besok.
                “Be totally present



8° Jadilah pendengar yang baik
Saat menjadi pendengar, Anda belajar dan mendapatkan ide-ide baru yang berbeda dari orang lain.

9°  Berpikirlah Positif
Rasa frustasi datang dari pikiran negatif, sementara saat Anda berpikir negatif secara terus-menerus artinya Anda memberi makan rasa frustasi. Negatifitas tidak pernah menjadi cara optimal dalam menangani situasi apapun. Kenyataannya negatifitas membenamkan Anda dalam ketidakbahagiaan. Setiap keadaan batin yang negatif akan menular. Kembalilah berpikir positif. Bertemanlah dengan orang-orang yang berpikiran positif dan terlibatlah dengan kegiatan-kegiatan positif.





10°  Bersyukurlah
Bersyukurlah atas hal-hal kecil yang akan membawa Anda pada hal-hal besar. Sekecil apapun karunia yg Anda terima (traktiran makan gratis dari teman, senyum manis seseorang yang tidak dikenal, keluarga yg mengasihi Anda, bahkan cuaca cerah yang bersahabat dan masih banyak lagi) akan menghasilkan hal-hal besar dan selalu membawa Anda kepada kebahagiaan  saat Anda bersyukur. Bersyukurlah setiap waktu, pagi, siang, sore, malam, bahkan sepanjang hari. 

16 komentar:

  1. ajib tips nya mba.... kondisi lagi galau seperti ini, kayaknya pas baca tips2 singkat dari blog nya mba Mel. tengkyu mba Mel

    BalasHapus
  2. Jgn cuma dibaca, tp diterapkan yaaa biar afdol... hehe

    BalasHapus
  3. jadi malu aku ....... he he he he he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malu sama poin ke 3 ama 10 yaaaa... hayooo

      Hapus
  4. Subahanallah, ni artikel yg sangat puenting bianget. Musti kita praktikkan nih. gambar kucingnya lucu2. :-)

    BalasHapus
  5. ahhh..poin 3, 4 ,5 kenapa susah yaaa ??? hikkzz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asalkan niat gak ada yg susah kok mimi... hehe

      Hapus
  6. Nomor 2 sungguh mat berat dan ga mudah :(
    Nomor 3 dan 10 sebenarnya sejalan, walau memang sangat sangat tidak gampang. Lebih banyak bersyukur dan berhenti mengeluh adalah resep hidup bahagia yang manjur. Saya sudah menjalankannya. Terima kasih telah mengingatkan ya.

    salam kenal dan sukses selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal jg ya, sebenarnya gak ada yg sulit kok asal sungguh² mau berusaha... hehe. Sukses jg buat kamu

      Hapus
  7. Siip, semuanya merupakan sikap positif ya.
    Suka melihat gambar2 kucing lucu itu :D

    BalasHapus
  8. Padahal ya cuma 10 ya... Coba kalo sampai 100... apa ngga malah cuma jongkok nangis dipojokan... hehehhe...

    Makasih tips nya... semoga bisa mengamalkannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih jg udah baca ya mbak Niken

      Hapus
  9. Sebuah masukan yang sangat berharga sekali. Beberapa poin yang disebutkan di sini memang sedang "bermasalah" pada diriku, dan saya rasa ini harus diubah agar bisa mencapai bentuk yang ideal seperti yang diharapkan dalam artikel ini. Terima Kasih atas nasehatnya yang sangat berharga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih juga udah mampir ya mas Asep, ttp semangat yaaa

      Hapus