Minggu, 09 Juni 2013

Mel mereview blognya Kak Adin Sang Pendongeng Indonesia

Jujur, ini pengalaman pertama saya mereview blog. Bukan Pakde Guslik namanya, kalo nggak bisa menyedot perhatian blogger untuk ambil antrian di blog camp buat ikut kontes unggulan bertajuk:
Blog Review~Saling Berhadapan

Tadinya sempat bingung milih pasangan review, mengingat saya hanya ingin menulis dengan hati #halah, ikut-ikutan prinsip pasangan review saya aja … he.

Dan saya lebih tertarik pada blog yang berisikan artikel pengembangan diri dan motivasi hidup. Alhamdulillah, Allah mengijabah doa saya. Nggak nyangka, jumat pagi dapat inbox dari Kak Adin yang ngajakin duet di kontes ini. Tanpa basa basi langsung saya jawab: Siap!

Jadilah saya mengacak-acak isi blognya Kak Adin Sang Pendongeng Indonesia ini. Sudah siap menyimak review saya? Ini dia …. 

Tampilan blog Kak Adin

Pecinta anak-anak ... itulah yang pertama kali terlintas di benak saya, saat membuka blog bernuansa putih polos milik Kak Adin Sang Pendongeng Indonesia ini. Kesan sederhana tampak pada tema putih polos blog dengan platform wordpress, sesederhana penampilan Kak Adin yang bersahaja saat sedang mendongeng di hadapan anak-anak Indonesia. Ah … Kak Adin ini mengingatkan saya pada tokoh Kugy di novel ‘Perahu Kertas’nya Mbak Dee … he.

Loading yang ringan saat memasuki home page blog Kak Adin, memberikan kenyamanan tersendiri bagi saya. Hanya sayang, sepertinya pemilik blog bernuansa putih polos ini jarang sekali memosting blognya. Dalam satu bulan hanya ada satu sampai dua artikel saja. Mungkin karena kesibukannya mendongeng ke seluruh penjuru tanah air. Melihat jadwalnya yang padat, dan jam terbang yang sibuk serta tak mengenal jarak.

Kak Adin sepertinya orangnya simple, melihat asesoris blog yang minim, bahkan tidak tersedia kotak foto member atau pun embel-embel lain, selain daftar arsip, yang isinya bisa dihitung dengan jari. Padahal Kak Adin ini sudah ngeblog dari tahun 2010, mungkin karena jarang posting jadi PRnya belum ada angkanya … he. (Tetap semangat ya Kak J)


Ketika saya coba mengetikkan keyword “Kak Adin” di pencarian google, namanya langsung berada di urutan teratas lho.


Saya salut dengan isi postingannya, walaupun bisa dihitung jari, namun tetap padat dan berisi plus berbobot kualitasnya. Tak heran kalau pengikut blog ini mencapai angka 2.964. Ruarr biasa, bukan? Dan ada satu blog lain yang dirilis Kak Adin di awal tahun 2013 ini. Tapi lagi-lagi seolah tak tersentuh, minim postingan juga. 

Ternyata Kak Adin ini seorang pendongeng yang senantiasa menyertakan syiar Islam di dalam dongengannya. Isi blog milik Kak Adin benar-benar fokus pada tema dongeng. Memang ada beberapa artikel yang bisa dikatakan bukan dongeng, namun tetap terkonsep pada tema motivasi dan inspirasi yang sangat positif, serta bisa dijadikan pembelajaran hidup yang berharga. Sungguh blog yang bijaksana.

Secara umum, blog ini terlihat polos dari segi penampilan. Isinya juga hanya tentang kesibukan Kak Adin di dunia dongengnya. Tapi setelah saya korek semua isinya … WOW, rupanya seorang Kak Adin ini memiliki prestasi yang sungguh luar biasa. Kiprahnya di dunia dongeng ternyata sudah merambah ke berbagai media publik, dari koran, majalah, radio hingga acara televisi nasional. Kak Adin sepertinya tidak memilih di mana ia menerima job untuk mendongeng. Dari sekolahan, pesantren, masjid, panti asuhan sampai di tempat penampungan korban bencana alam, bahkan di acara ultah anak-anak yang sangat sederhana, Kak Adin siap meluncur ke TKP di mana saja ia dibutuhkan. 

Gaya Kak Adin saat mendongeng

Kepiawaiannya mendongeng patut diacungi jempol. Saya terkesan saat melihat video ini:



Kak Adin begitu ahli menirukan banyak jenis suara. Aktingnya pun tak kalah dengan artis-artis film papan atas. Membuat anak-anak terpana, tampak bersemangat, serius dan gembira saat mendengarkan Kak Adin mendongeng. Gayanya tidak garing, sangat menghayutkan dan selalu menyelipkan pesan moral yang luar biasa.

Tapi untuk seorang bloger, sepertinya Kak Adin harus lebih banyak lagi menguasai teknik dan memperdalam ilmu ngeblognya. Karena Kak Adin seolah hanya asyik dengan dunianya sendiri … he. Blog polos ini penuh berisi tentang dongeng. Dan untuk desain blog juga kurang tertata dengan baik, karena saya merasa janggal dengan satu iklan yang nyempil dibagian atas di bawah header.

Iklan semata wayang di blog Kak Adin

It’s ok, saya sangat salut dengan Kak Adin yang fokus dengan tema blognya. Sangat menginspirasi dan memberikan pencerahan batin bagi siapa saja, tak terbatas hanya untuk anak-anak. Karena dongengnya Kak Adin ini, juga bisa buat pelajaran para orang tua dalam mendidik anak-anaknya. Kak Adin pun menuliskan tips dan kiat bagaimana menjadi orang tua yang baik di beberapa artikel blognya. Luar biasa sekali. Generasi pendongeng yang sangat berkualitas, semoga Kak Adin senantiasa menebarkan dongeng-dongeng kebaikan bagi penerus generasi Indonesia, agar bangsa ini bagus akhlaknya, supaya bisa membersihkan nama Indonesia dari kesan anjloknya moral para ‘orang pintar’. Semoga niat membangun karakter Bangsa dengan ceritanya Kak Adin bisa tercapai semaksimal mungkin. Go sukses buat Kak Adin, profesi Anda sangat ruaarrr biasa. 




16 komentar:

  1. Bagus banget kaka Mel Ara, saya salut juga sama Kak Adin juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Kak Adin itu hebat lho,ngedongengnya jago banget.Kak Seto mah lewat deh ... xixixi

      Hapus
  2. Review blognya sangat membantu banget...
    Jadi bisa berbenah diri untuk jadi yang lebih baik lagi...
    ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, semoga berkah ya :)

      Hapus
  3. Saya pernah bermain ke rumah maya itu, memang blog itu mengimplemenatsikan akifitas pemilikinya yang memilki dedikasi kuat dalam dunia anak.

    Salam wisata

    BalasHapus
  4. Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Segera dicatat sebagai peserta Kontes Unggulan Blog Review Saling Berhadapan

    Jangan lupa mengikuti kontes saya yang lain di http://jatuhcinta.me/fiksi/flash-fiction-writing-contest-senandung-cinta

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah akan berpartisipasi lagi :)

      terimakasih jg atensinya

      Hapus
  5. cara membangkitkan kreatifitas berpikir anak memang dg bercerita, dongeng bisa jadi salah satu cara. murid2 sy juga seneng diceritain. salam sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam sukses jg Pak Rusydi, waah ... ada Pak Guru nih:)

      Hapus
  6. kunjungan malam mbak, ikut menyimak.

    BalasHapus
  7. kayaknya ngrumpi tentang kak Adin ning, mantabs banget ane salut dengan Kak Adin ini hehehe

    BalasHapus
  8. Kak adin ada disini,, kak adin dimana-mana,, dan kemaren kak adin ada di acara blogger nusantara waktu di jogja,, ehehe

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Eh, ini dia orangnya nongol, hihihi

      Hapus