Kamis, 01 November 2012

Cara ampuh mengatasi sakit "hati"


Galau! Itu istilah yang lagi ngetrend untuk menyebut sebuah perasaan yang sedang tidak keruan. Lebih tepatnya rasa sakit hati oleh karena sesuatu hal yang menyebabkan terganggunya psikis seseorang. Yang dirasa biasanya perasaan yang tertekan, batin yang selalu gundah dan mood yang mendadak jelek. Hmm, kalau dibiarkan berlarut-larut akan berefek jelek untuk kondisi psikis orang itu sendiri.

Ada beberapa cara yang efektif untuk mengatasi sakit hati alias galau yang mengacau. Simak deh tips²nya :

1. Berpikir positif
Ini yang paling penting. Tetaplah berpikir positif apapun yang terjadi. Berbaik sangkalah pada rencana Tuhan yang menimpa anda, seburuk apapun itu. Pastinya Tuhan sudah menyiapkan sesuatu yang lebih baik bila kita selalu mensyukuri apapun yang diberikan oleh-Nya, walau itu berupa musibah sekali pun. Pikiran dan perasaan yang positif akan menimbulkan efek energi positif pula pada hati kita. Karena kita adalah apa yang kita pikirkan. So? hati-hati dengan pikiran anda, semua yang anda pikirkan itu bisa terwujud!

2. Cari kesibukan positif
Lagi-lagi kata positif yang harus anda cerna. Ya, kegiatan dan kesibukan yang positif bisa menghilangkan stress yang anda alami karena rasa galau yang mengacau hati anda tadi. Jangan biarkan kemurungan anda memakan habis semua energi positif yang anda punya. Lakukan kegiatan apapun yang bisa membuat anda sibuk dan melupakan masalah anda itu. Berdiam diri hanya akan membuat anda larut dalam kesedihan yang makin mendalam. Buat otak, pikiran dan tubuh anda lelah oleh hal yang bermanfaat. Yang pada akhirnya akan menyehatkan tubuh dan hati anda.

3. Jangan mendengarkan lagu sedih
Syair dan lirik lagu yang bernada sedih akan membuat anda terhanyut dan mengingat kenangan-kenangan anda akan hal yang membuat perasaan anda galau. Akan lebih baik jika anda mendengarkan lagu dengan ritme yang menghentak dan bersemangat. Karena secara tidak langsung hal tersebut akan mempengaruhi kinerja otak anda. Jika ingin suasana hati anda menjadi lebih tenang, bisa mendengarkan musik instrument atau orkestra. 

4. Membaca hal-hal yang berbau motivasi
Anda akan terdorong untuk berpikir positif dan bisa menyemangati hati anda yang sedang gundah bila mencerna kata-kata yang penuh dengan aura motivasi yang penuh semangat. Yang anda butuhkan adalah support untuk membuat anda bangkit dari keterpurukan pikiran anda sendiri. Yang bisa menyemangati diri anda sebenarnya adalah anda sendiri. Anda sebenarnya tidak membutuhkan orang lain untuk bisa mendatangkan perasaan bahagia. Orang lain hanyalah berfungsi sebagai penghibur semata. Karena betapa pun orang lain berusaha membantu anda untuk urusan hati, dia juga manusia biasa seperti anda yang juga bisa merasakan hal yang sama. So? akan lebih baik jika anda tidak mengandalkan siapa² untuk masalah hati. Be your self!

5. Jangan mencari pelarian negatif dan bergantung pada orang lain
Tidak selamanya yang namanya manusia itu bisa menjadi andalan yang baik. Karena manusia itu ciptaan Tuhan yang mempunyai banyak kekurangan. Bila anda tidak mau merasa kecewa dan lebih sakit hati lagi, jangan pernah mengandalkan siapa pun dalam berbagai hal. Percayalah dan yakinlah hanya pada sang Pencipta yang maha bisa diandalkan.

6. Jangan mengulangi kesalahan yang sama
 Bodoh namanya jika anda sampai jatuh di tempat yang sama sampai dua kali. Apa permasalahn anda yang bisa membuat anda jadi seperti ini, pelajari dan ambil hikmahnya. Jangan sampai anda melakukan kembali hal yang membuat anda menjadi sakit hati. Ingat, ada sebab pasti ada akibat, dan apa yang anda semai itulah yang nanti akan anda tuai.

7. Perkuat iman
Tidak kalah penting ini adalah hal yang sangat wajib! Bila anda rapuh dan tipis iman, bagaimana anda bisa menguatkan hati anda sendiri? Perbanyak ibadah dan bersedekah, akan membuat hati anda menjadi tenang dan tentram. Trust me, it work!


Memang, melakukan tidak semudah mengucapkan. Tapi bagaimana anda bisa membuktikan keampuhan saran² di atas bila anda tidak action dan mempraktekannya langsung? So? Be happy!

23 komentar:

  1. boleh nih diterapin :D
    tapi alhamdulillah belum sakit hati mbak :P

    BalasHapus
  2. bagus nih,, buat masukan aku yang lagi galau,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat yaaa, tks udah mampir

      Hapus
  3. aq berkali2 lah ini.
    lama lama pengen loncat dari gedung tinggi trus jatih di kasur empuk,

    BalasHapus
    Balasan
    1. wew, ndak boleh putus asa dong ah... tp cemunguuddd

      Hapus
  4. No 7 kayaknya harus jadi no 1 deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, iya ya mbak, bagi saya yg terakhir itu really special mbak... xixixi #ngeles dikit ah

      Hapus
  5. hahahahaaaa smua itu hanya waktu yg bs menghapus, smua saran diatas telah ku lakukan smua

    BalasHapus
  6. puyeng lo yg namanya sakit hati, smoga ALLAH sll menolong kita. Amin

    BalasHapus
  7. maaf sblmnya, mba saya sedang sakit hati. kalau begini jdi males ngapa2in mba. maunya cuma diem doang, soalnya sayang bgt sma ssang kekasih, ..
    dia mutusin saya krna dia salah faham, mau sya jelasin tpi dia ga mau dnger pnjlasan sya,
    ini bgaimana mba? tolong beri saran...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih mendekatkan diri pada Tuhanmu ya, sebaiknya jangan mencintai manusia terlalu berlebihan...he

      Hapus
  8. apakah itu semua ujian hidup....????

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak juga kok, hadapi dgn positif thinking aja... hehe

      Hapus
  9. apakah putus cinta itu sudah di rencanakan oleh ALLAH SWT....???

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua tergantung individu yg menjalaninya, kita msh mengubah takdir kecuali kodrat

      Hapus
  10. poin2 nya bagus2, tp alangkah lebih bagus kalo poin no 7 jd no 1, sebab Allah maha pembolak balik hati:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagiku point terakhir adalah point spesial..hehehe #ngeles dikit, xixixi

      Hapus
  11. 7 mei 20013 sakit hatiku mungkin takkan terhapus, karena aku selalu berdampingan dengan orang yang menyaktkan hati, dan permasalahannya selalu tak menurut logika dan menyipang dari kebenaran / agama. tolong bantu aku! * gupabali.* balas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikhlaslah... belajar memaafkan akan membuatmu lebih tenang. Lebih dekat sama Tuhanmu dan ttp berpikir positif ya :)

      #semoga bermanfaat

      Hapus
  12. Terimakasih telah berbagi tips yg bermanfaat bangets klo sempat berkunjung di blog kami ya.. cerita dewasa kimcil , Cerita Hot Dewasa by: pembesarpenispria.net dan Obat Pelangsing badanTubuh

    BalasHapus