Kamis, 04 Oktober 2012

Ibu rumah tangga berbisnis? Kenapa tidak?





Sebagai ibu rumah tangga di zaman modern sekarang ini, mengandalkan pemasukan ekonomi hanya dari sang suami sudah bukanlah zamannya lagi. Minimal sebaiknya mempunyai pemasukan tambahan yang bisa membantu meringankan beban suami tercinta. Tapi untuk memiliki sebuah bisnis tentu membutuhkan modal untuk menjalankannya. Jangan khawatir, ada banyak cara untuk memulai bisnis dengan modal yang sangat minim bahkan tanpa modal sekali pun.

Di zaman internet sekarang ini, perkembangan informasi sudah sangat luas dan mudah untuk didapatkan. Banyak info tentang berbagai macam bisnis yang bisa kita pilih. Mulai dari yang tanpa modal sampai yang harus mengeluarkan modal yang lumayan banyak. Biasanya ibu-ibu rumah tangga akan lebih tertarik untuk menjalankan bisnis yang tanpa modal atau dengan modal yang sangat minim. Contohnya adalah bisnis online. Banyak sekali jenisnya, mulai dari google adsense yang sangat terkenal hingga MLM yang sedang marak di publikasikan di berbagai social media.

Sudah tidak asing lagi ibu-ibu rumah tangga zaman sekarang yang akrab dengan internet. Bahkan rata-rata banyak yang mempunyai blog. Melalui blog kita bisa dengan mudah menulis sekaligus mempromosikan bisnis yang sedang dijalani. Hanya dengan ketekunan dan niat untuk belajar banyak menjalankan usaha apapun, insya Allah kita bisa menjalankan yang namanya bisnis apapun itu. Belajar dari buku tentang wirausaha pun bisa dengan mudah kita pelajari. Salah satunya buku Curhat Bisnis yang disusun oleh penulis Indari Mastuti, yang isinya sangat menginspirasi khususnya untuk ibu-ibu rumah tangga yang sangat ingin menjalankan usaha. Intinya hanya satu kunci suksesnya, niat!

Jadi langkah awal yang sangat penting adalah belajar! Mempelajari banyak hal tentang bisnis, juga bergaul dengan orang-orang yang suka berbisnis, maka anda akan menjadi ahli untuk menjalankan bisnis apapun itu. Banyak membaca dan mempelajari juga mencari info tentang kewirausahaan. Modal ketekunan, keyakinan dan pantang menyerah adalah hal yang harus dimiliki untuk menguatkan mental. Jadi jangan ragu untuk memulai bisnis dan jangan terlalu pusing memikirkan modal. Keberanian adalah modal utama untuk memulai apapun. Just do it!

16 komentar:

  1. ibu saya juga berbisnis kok mbak, meskipun hanya sebagai makelar untuk pemesanan makanan alias catering

    luayan buat tambahan sangu anak anaknya mbak

    sukses ya mbak ngontesnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya mas Imam sudah baca, hehe.

      Hapus
  2. Terimakasih mbak sudah ikutan giveaway ini,, saya catet yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama² mbak Nunu, sukses selalu yaaa

      Hapus
  3. Seorang ibu sangat baik berbisnis (mengisi kekosongan) =D
    Ibu juga jualan warung kecil-kecilan sih WarKop = Warung Kopi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bgt tuh mas Dhonie, tks udah baca yaaa

      Hapus
  4. buku bagus untuk istriku yang selalu pengen bisnis :) semoga sukses selalu mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajak istrinya untuk ikutan give away ini pak hehe, sukses juga buat papap arfa yaaaa

      Hapus
  5. Almarhumah ibuku juga bisnis toko kelontong , Alhamdulillah meski suaminya pegawai negeri yang pas pasan dari hasil tokonya malah bisa beli rumah dan sekolahkan anaknya sampai perguruan tinggi.Lagi pengen buka usaha juga ni tapi kayaknya masih belum ketemu yang pas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, Alhamdulillah ya Jeng, berkah sekali usaha almarhumah Ibu Jeng Sri. Chayo Jeng ikuti jejak Almarhumah, pasti ada jalan buat usaha apa aja dan insya Allah lebih sukses. Terimakasih sudah baca ya Jeng :)

      Hapus
  6. Info menarik sob. Masih perlu belajar banyak dari blog ini. makasih infonya kawan. #cek link.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama² belajar ya kita, tks udah mampir

      Hapus
  7. Balasan
    1. main ke sini Una kl mau ditraktir...xixixi

      Hapus
  8. Balasan
    1. Selamat jg buat kakaakin yaaa :)

      Hapus