Selasa, 19 Maret 2013

Bikin “Dream Book” yuuk!


It’s all about dream? Bukan sembarang mimpi lho, tapi mimpi yang bisa menjadi penyemangat hidup. Terinspirasi dari bukunya Rangga Umara si juragan ‘lele lela’ yang memulai kesuksesan berkat buku mimpinya. Buku mimpi yang membuatnya tetap bersemangat walau menjalani proses sukses dengan berbagai keterpurukan. Membuat saya mempunyai ide yang sama, sebagai pendorong dan penambah semangat untuk mewujudkan mimpi. Nyontek?? It’s okelah kalo untuk hal ini, bahkan sangat dianjurkan kok… he.

Terdengar absurd dan hanya membuang waktu. Buku mimpi? Apa itu? Eh... jangan salah, jangan mencibir sesuatu yang ekstrem. Berpikirlah positif! Tidak semua orang menguasai yang namanya ilmu “positive thinking”. Bagi orang awam (terutama yang malas membaca plus punya penyakit negative thinking dan pesimis yang akut) membuat dream book hanyalah pekerjaan orang yang sukanya hanya mengkhayal dan menghibur diri dengan impiannya itu. Tapi buat orang yang mempunyai keyakinan bahwa kelak suatu saat akan meraih kesuksesan, dream book adalah suatu hal yang bisa memprovokasi dan membakar semangat hidup!

Pernah baca ‘Dare to dream big’-nya Merry Riana? Seorang motivator wanita dan young millionaire nomor 1 di Indonesia bahkan se-Asia. Wow! Dia berkata “Bagaimana saya bisa meraih kesuksesan di usia muda? Because I dare to dream big!”. Orang-orang sukses pun pernah mengalami keterpurukan hidup, yang penting adalah keinginan dan niat kuat untuk berjuang bangkit dari keterpurukan itu. Merry Riana menuliskan buku “Mimpi Sejuta Dolar”. Sangat jelas, yang namanya mimpi, cita-cita dan keinginan itu sebaiknya ditulis, tidak hanya disimpan didalam angan yang suatu saat bisa saja terlupa seiring waktu. Dan pastinya tidak hanya sekadar ditulis saja, tapi harus diperjuangkan!

Dream, believe and make it happen! Motto sang Diva muda Agnes Monica. Lagi-lagi bisa ditemukan kata sakti “DREAM” di sana.

Sudah cukup Rangga Umara, Merry Riana dan Agnes Monica yang saya jadikan sample model kesuksesan yang berawal dari sebuah mimpi. Carilah tokoh model sukses anda, lakukan ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) sebagai pemicu dan motivator sukses anda.

Oke… back to Dream book!

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat dream book 

1. Sebaiknya tidak memulai dengan mimpi yang terlalu tinggi 


Halaman pertama yang terpampang adalah gambar Ferrari dan kapal pesiar, sementara anda adalah pekerja kantoran dengan penghasilan yang hanya cukup untuk makan sebulan dan membayar cicilan. Logiskah????
Untuk awal, buatlah daftar mimpi yang sederhana dan anda yakin bisa meraihnya dalam kurun waktu tertentu. Bisa dimulai dengan mimpi untuk melunasi hutang-hutang anda, hidup lebih berhemat dan memperbaiki kualitas akhlak serta mengubah tabiat menjadi lebih baik. Nah! Itu baru real dream! 

2. Keyakinan adalah aktualisasi yang tertunda 

Tanpa sadar, alam bawah sadar kita akan merekam cara kerja otak dan pemikiran kita setiap saat. Berhati-hatilah dengan pola berpikir anda. Termasuk dengan keyakinan. Karena keyakinan adalah acuan yang bisa dipegang keabsahannya. Oleh sebab itu, iringi proses pembuatan dream book anda dengan keyakinan yang kuat untuk bisa mencapainya.
Maka dari itu, buatlah daftar mimpi yang logis dan berurutan tingkat realisasinya dari hal yang terkecil hingga mimpi yang sangat gila. Sah-sah saja membuat daftar mimpi yang tidak masuk di akal sekali pun. Dulu, sebelum membuat pesawat terbang, Orville dan Wilbur (Wright bersaudara) mempunyai mimpi bisa membuat orang supaya bisa terbang, dan orang-orang menganggapnya tidak waras dengan impiannya itu. Setelah dia bisa membuat sebuat alat yang bisa membawa orang terbang, barulah semua orang yang mengejeknya terdiam.

3. Tulis dengan tangan

Kenapa harus ditulis tangan? Karena dream book akan menjadi buku terindah yang pernah anda miliki, dengan menuliskannya secara langsung, ada aura positif yang mengalir dari kekuatan tangan pada tulisan untuk mewujudkan apa yang anda tulis. Mimpi yang tertulis akan memudahkan otak anda untuk berpikir bagaimana cara merealisasikannya. Bila keinginan hanya disimpan di dalam angan, cepat atau lambat akan terlupakan. Perhatikan! Otak anda bukan hanya berfungsi sebagai mesin pengingat, tapi untuk berpikir! Seberapa lama daya ingat bisa bertahan di otak anda yang mempunyai kapasitas sangat terbatas?

3. Sertakan gambar

Anda bermimpi ingin memiliki Mitsubishi Evo? Cari gambarnya di majalah atau internet, cetak, gunting dan tempelkan di dream book. Ingat! Apa yang anda pikirkan dan rasakan akan memudahkan alam bawah sadar menyampaikan keinginan anda ke semesta. Dengan melihat langsung gambar real dari mimpi anda, akan memudahkan berimajinasi dan merasakan langsung mimpi anda tersebut




4. Berdoa, berusaha, bersabar
Doa tanpa usaha adalah sia-sia, usaha tanpa doa adalah sombong! Tidak perlu dijelaskan panjang lebar, pastilah anda semua sudah mengerti maksudnya. Jangan pernah melepaskan kehidupan anda dari yang namanya ibadah, karena itu adalah bagian dari yang akan merealisasikan mimpi indah anda.

Oya… Jangan lupa, tulis nama anda segede gambreng di halaman depan. Supaya malaikat nggak salah alamat… xixixi. Just kidding! Maksudnya supaya anda lebih mantap membaca judul buku hasil karya imajinasi anda itu.

Come on! Dreams are free, so free your dreams!

Mau tau salah satu isi Dream Book saya? Ini dia gambarnya! 

 Target 2014, gambar ini harus terealisasi... Amiiin.

44 komentar:

  1. menarik, tapi kurasa cocok u/ orang yg hobi nulis aja.. terutama cewek sih..
    makasih ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini cocok buat siapa aja kok...hehe

      Hapus
  2. Terima kasih mba atas tipsnya.. ^_^

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Baru 1, yg 2 sedang diperjuangkan...he

      Hapus
  4. Bagus, ini namanya materialisasi mimpi agar punya kekuatan. Selebihnya bersandarlah kepada Allah Swt.
    Salam hangat dari Surabayan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pakde, segalanya dikembalikan sama yg di-Atas setelah berikhtiar :)

      Hapus
  5. semoga segera terealisasi dream-dreamnya.. aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin ya robal alamin, makasih doanya ya Akbar

      Hapus
  6. wah, keren artikelnya gan
    Bermanfaat banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, makasih udah baca :)

      Hapus
  7. ikutan menjemput mimpi isha yuk :)

    ikutan proyek buku wb yaa :)
    http://vanisadesfriani.blogspot.com/p/blog-page_19.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aq TKP... aq pelajari dulu ya, tks infonya :)

      Hapus
  8. kalau Mang kurang cocok kayaknya, mang kan bekerja kuli bangunan nanti malah tulisanya pada kasar seperti tangan mang

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini cocok buat semua kalangan kok Mang Yono..hehehe

      Hapus
  9. ah, makasih, Mbak. Aku jadi terinspirasi. Selama ini aku udah nulis impianku, tapi karena jarang dibaca, jadi lupa dan gak fokus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya di taruh di bawah bantal supaya bisa di baca sebelum tidur dan ketika bangun pagi. juga dibawa kemana pun kamu pergi selalu ada di tas kamu, agar semua mimpi bisa lebih cepat terealisasi... hehehe

      Hapus
  10. moga cepet terealisasi dream-nya, mel... ")
    aamiin!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiinnn, makasih doanya ya Eksak

      Hapus
  11. punya juga buku impian ..tapi jarang dibuka-buka lagi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sayang bgt tuh... diwujudkan dong, jgn sekadar ditulis aja, hehe

      Hapus
  12. mimpi -mimpi banyak,,tapi tak pernah aku tulis,,hanya ada di anganku...! dan pernah mimpiku ada dalam genggaman,,,karena suatu hal ,,lepaslah impianku..! kini ku harus memulai lagi mengejar miimpi yg kini hilang,,,,trima kasih ya mbak Mel,,,,tip yg bagus,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. masama Suwandy... semoga bermanfaat :)

      Hapus
  13. Kok contoh impian memiliki mobil mitsubishi EVO nya sama persis dengan impianku ya mbak...?? mantab deh artikelnya untuk penyemangat hidup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti sehati ya kita? xixixi... semoga bermanfaat dan ikut terinspirasi yaaa

      Hapus
  14. semangat untuk bu mel.... mantap memberikan inspirasi bagi pemula seperti saya ...

    lanjutakan bu...

    BalasHapus
  15. Sebelum baca postingan ini, aku sudah mencoba membuat dream book :)
    But, postingannya menginspirasi dan bermanfaat. Thanks for share.

    BalasHapus
  16. Baru mau mulai bikin dream book nih.. Thanks banget Mbak udah ngasi tahu caranya.. ˆ⌣ˆ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masama Dani, semoga bermanfaat :)

      Hapus
  17. Mbak amel..
    Sebelumnya saya sudah membuat dream book. Tp kenapa saya bingung dg apa yg ingin saya impikan/apa yg bnar" ingin saya dapatkan ya?
    Itu yg membuat saya tdk mlanjutkan mmbuat dream book saya..
    Mungkn mbak amel punya solusi buat saya?
    T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yakinkan lagi apa passion-mu, sesuatu yang benar-benar kamu cita-citakan dan ingin kamu dapatkan. Gampang banget kok. Anak kecil aja punya cita-cita masa kamu nggak? hehe. Kalau cuma bermimpi aja kamu masih bingung bagaimana nanti untuk merealisasikannya? Wahh, bisa repot tuh :D

      Hapus
  18. Hebat.. dulu aku ingin sekali jadi penulis. Sampai sekarang masih ingin. Tapi belum kesampaian.

    Baru bisa menulis ringan di blog. Itupun hanya tentang pantun.

    Salam kenal. Gina Hayana (Pantunseribu)..

    BalasHapus
  19. Menarik sekali mbak artikelnya, dulu saat smp saya ada coret-coret di diary (bukan dream book :) ) ttg impian saya. Usia sekian lulus sma, kerja 2 tahun, lalu lanjut kuliah. Tulisan itu terlupakan sampai saat saya benar2 kuliah baru membaca itu lagi. Yang kedua saat saya menulis mimpi untuk wisuda dengan sahabat saya. Kami termasuk lulus telat karena kesibukan dikerjaan maupun cuti hehehehe. Dan ketika dikabulkan wisuda bersama sahabat saya, dia mengingatkan tulisan yang dulu pernah saya tulis. Itu membuat saya mulai mencoret2 apa yang saya inginkan, apa yang hendak saya capai.

    BalasHapus