Senin, 27 Januari 2014

Review Kumcer Sepanjang Musim


Penulis      : - Aveus Har 
                    - Karina Ayu Pradita 
                    - Gari Rakai Sambu 
                    - Asya Azalea 
                    - Ovita Sari 
                    - Bagas Prasetyadi
Penyunting : Fatimah Azzahrah
Penerbit     : Media Pressindo
Ukuran       : 13 x 19 cm
Tebal          : 184 halaman
ISBN            : 978-979-911-325-2
Harga          : Rp. 28.500

Kumpulan cerita pendek yang ditulis oleh 6 orang penulis handal yang beberapa di antaranya berprofesi sebagai editor, desainer bahkan sutradara. Malah ada beberapa orang mengaku kalau cerpen yang mereka buat ini adalah cerpen perdananya. Kumpulan cerita yang sebagian besar memiliki benang merah yang diceritakan dengan sudut pandang yang berbeda. Mengambil tema tentang musim, mulai dari musim hujan, kemarau, liburan, durian, kawin, mudik, pemilu, ujian, haji, kembang api sampai musim pancaroba. Tersaji lengkap dengan ide cerita yang sederhana namun memiliki pesan moral dan makna yang luar biasa.

            Masing-masing cerita mempunyai gaya kepenulisan yang berbeda. Sudut pandang dan gaya bahasa beragam, dikemas dengan diksi dan alur yang memesona, membuat saya penasaran untuk menuntaskan setiap cerita perjudulnya sampai halaman terakhir. Gaya bahasa yang santai, tidak membuat saya mengernyitkan dahi dengan istilah-istilah yang biasanya hanya dipahami oleh si penulisnya sendiri. Bacaan yang ringan dan sederhana namun sarat makna dan pembelajaran hidup.

            Ada kisah tentang bagaimana jatuh bangunnya kehidupan cinta dan sosialitas seseorang sampai bagaimana dia bisa mengatasi kegalauannya hingga berhasil move on dan keluar dari masalahnya. Tidak melulu tentang kisah cinta yang happy ending, kisah yang terkesan real dan apa adanya yang mungkin banyak dialami dalam kehidupan kita sehari-hari. Bahkan pada setiap kisah yang serba kebetulan, ternyata bisa menghasilkan alur cerita yang menakjubkan. Seperti cerpen romantis dan dramatis yang ditulis Gari Rakai Sambu dengan judul 'Selamat Datang Cinta'.

            Setiap judul dalam buku kumpulan cerita pendek ini menyajikan isi yang mengundang penasaran. Bagaimana diksi yang dikemas apik dan alur cerita yang melompat indah namun mudah dicerna. Membuat saya merasa perlu mengatakan bahwa ide Sepanjang Musim ini sangatlah antimainstream dan cocok buat tempat belajar bagi penulis yang ingin tahu bagaimana cara membuat cerita yang tidak biasa.

       Sebut saja ini kumpulan kisah sederhana, kumpulan kontemplasi, mungkin juga kumpulan cara memaknai cinta.

1 komentar:

  1. cerita yang menakjubkan. Seperti cerpen romantis dan dramatis

    BalasHapus