Selasa, 25 November 2014

Resensi Novel INSYA ALLAH You'll Find Your Way






Judul Buku            : INSYA ALLAH You'll Find Your Way
No. ISBN               : 9797959074
Penulis                 : Hengki Kumayandi
Penerbit               : Wahyu Qolbu
Terbit                  : November 2014
Jumlah Halaman    : viii + 352 Halaman
Jenis Cover          : Soft Cover
Kategori               : Novel Religi
Teks                     : Bahasa Indonesia
Harga Normal        : Rp. 49.000,-



Bram, Sang Guru Muda

Ini kisah tentang perjalanan hidup seorang guru muda bernama Bramudya Ilyas. Kisah yang diwarnai dengan berbagai kejadian yang mengharu biru. Bersama seorang sahabatnya yang bernama Fajrin, Bram merasakan banyak sekali momen suka duka yang mewarnai hari-harinya yang tak mudah untuk dijalani. Berawal dari kesulitan ekonomi, mendorong Bram yang masih berstatus mahasiswa di sebuah perguruan tinggi di kota Jakarta, terpaksa mencari pekerjaan untuk membiayai hidupnya demi meringankan beban ibunya.

Berawal dari pertemuan Bram dengan Pak Tris, gurunya semasa SMA dulu, Bram mendapatkan tawaran pekerjaan mengajar di salah satu SMU yang berpredikat sangat bermasalah dengan para siswanya. Bram tak punya pilihan lain, mengingat susahnya mencari pekerjaan paruh waktu di kota besar. Dengan dorongan moril dari Elis, seorang yang diam-diam disukai oleh Bram lebih dari sekadar sahabat, akhirnya Bram mantap untuk mengambil tawaran mengajar dari Pak Tris tersebut.

Disitulah Bram mendapatkan tempaan hidup yang sesungguhnya. Ujian dan cobaan yang berat datang bertubi-tubi. Mulai dari harus mengatasi murid-murid yang nakal dan suka tawuran, hingga harus tetap membagi waktunya mengurus kuliah, masalah pribadi dan masalah murid-muridnya tersebut. Ditambah lagi urusan hatinya yang tak menemukan titik terang atas perasaan khususnya ke Elis. Malah disinyalir Fajrin pun mempunyai perasaan khusus ke Elis, membuat Bram salah paham dan hampir saja mengganggu persahabatan mereka.

Tapi takdir kadang tak seindah angan. Segala sesuatu yang sudah direncanakan berjalan tak sesuai keinginan. Bram harus berkali-kali menghadapi cobaan kehilangan orang-orang yang dicintainya. Kehilangan jati diri dan semangat hidup dibuatnya. Akankah Bram sang guru muda bisa bangkit lagi di tengah keterpurukannya dalam menjalani kehidupan cita dan cintanya? Di saat ia harus kehilangan orang-orang yang sangat dicintai dan berarti dalam hidupnya, mampukan Bram terus bertahan? Lalu bagaimana nasib cintanya terhadap Elis juga prahara persahabatannya dengan Fajrin?

***

                Novel kedua Hengki Kumayandi ini kembali membuat saya tergugah untuk membaca dan mengupas habis isinya. Di novel ini, saya menemukan banyak sekali motivasi dan semangat untuk bertahan hidup dari kisah seorang Bram. Dengan piawai, Hengki membuat alur cerita sederhana menjadi sangat elegan dan bikin saya terus penasaran dari bab per babnya. Selalu ada tanda tanya, kejutan dan ending yang tidak disangka-sangka.

                Secara tidak langsung, novel ini mengajarkan bagaimana cara menghadapi dan mengatasi permasalahan remaja di kota besar khususnya. Baik untuk para guru yang sekiranya mempunyai murid-murid yang tidak bisa di atur dan cukup menguras emosi dalam mendidik. Dengan lugas, Hengki memberikan semacam pencerahan bagaimana mengatasi hal tersebut. Penulis juga menyelipkan kisah cinta yang tidak menye-menye. Pesan religi sangat kuat namun disajikan dengan porsi yang pas khas anak muda. Jadi tidak berkesan menggurui dan terlalu menceramahi.

                Sepertinya Hengki Kumayandi sudah sehati dengan tema religi. Tapi masih dalam konteks yang tetap asyik untuk dikonsumsi bagi para remaja masa kini. Banyak pelajaran hidup yang tersirat di dalamnya. Secara tidak langsung juga membakar semangat saya untuk tetap meneruskan cita yang sempat tertunda. 

***


3 komentar:

  1. @Mel Ara, hanya membaca resensi novel nya saja sudah terlihat ini adalah novel yang bagus dan inspiratif......

    salam buat BRAM sang guru muda...... :-)

    BalasHapus
  2. kereen bangett ini novel .. jadi pengen cepet2 beli dan membaca nya, banyak kisah inspiratif yang memotivasi hidup ;-)

    BalasHapus