Selasa, 16 Oktober 2012

Penyabar is difficult? Moso sih??

Kata sabar itu identik dengan pengendalian emosi. Orang yang penyabar biasanya orang yang pandai mengendalikan emosinya dan tidak gampang marah tanpa sebab yang jelas. Memang, menahan amarah dan kekesalan sangat tidak mudah bagi kebanyakan orang awam. Hanya orang yang memiliki iman yang sangat kuat yang sanggup menahan emosi dan dilampiaskan secara positif. Jadi intinya, orang sabar itu adalah orang yang mempunyai iman yang sangat kuat juga berhati ikhlas.

Akan terlihat dari sifat dan sikap, apakah seseorang bisa dikatakan penyabar, dari cara berbicara dan perilakunya. Apakah seseorang bisa menganalisa suatu masalah sebelum menjatuhkan suatu keputusan. Bisa dilihat juga dari cara berbicara dan gaya bahasa seseorang bila sedang emosi. Apakah orang tersebut bisa menjadi seorang yang sangat pemaaf, walaupun bukan diposisi bersalah. Itu adalah orang yang sangat luar biasa. Tidak pernah berpikiran negatif dan selalu memaafkan kesalahan orang lain, walau telah disakiti sekali pun. Sesungguhnya orang-orang yang penyabar, ikhlas dan pemaaf itu termasuk ke dalam golongan orang-orang yang hebat dan luar biasa.

Apakah sulit untuk menjadi seorang penyabar? Tidak ada hal yang sulit di kehidupan ini selama manusia tersebut masih mempunyai niat yang baik untuk belajar merubah diri ke arah yang lebih baik. Ada sedikit tips untuk meredakan emosi. Di saat otak anda sedang panas, stres, emosi dan bawaannya ingin marah, yang harus dilakukan adalah pendinginan. Tarik nafas perlahan, diam dan tenangkan diri. Jangan terbawa emosi dan terlalu banyak mengeluarkan kata-kata yang negatif. Diam! Itu adalah obat paling mujarab. Setelah itu sebaiknya membasuh wajah dengan air yang sejuk agar suhu di kepala anda bisa menurun. Akan lebih baik lagi jika anda berwudhu dan segeralah salat. Itu adalah langkah-langkah utama yang sangat mujarab untuk menghilangkan emosi dan meredakan amarah.

Mudah bukan caranya? Apakah masih terasa sulit bagi anda untuk menjadi seorang yang penyabar? Sekarang pilihan ada di tangan anda, mau jadi orang hebat yang luar biasa? Atau hanya mau jadi orang yang sangat biasa-biasa saja. Renungkanlah baik-baik dengan hati nuranimu. 

6 komentar:

  1. lumayan sulit mbak, apalagi kalo masalah hati, hehe

    salam kenal ya mbak
    http://noteboll.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal niat gak akan sulit kok mas... he. Lam kenal jg ya :)

      Hapus
  2. paling sulit untuk menjadi seorang penyabar mbak., hehe..

    jangan lupa kunjngn balik ea, http://wono-sobo.blogspot.com/ :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tdk ada yg sulit kok mas... percaya deh, tks udah mampir ya, nanti aq mampir balik deh

      Hapus
    2. ok dech,, semoga aja bisa :)

      Hapus