Selasa, 01 Januari 2013

Rahasia kekuatan hati di saat mengalami "DOWN"


Tidak banyak manusia yang mampu untuk bertahan dan tetap semangat di saat terpuruk. Terkadang kondisi sulit yang sedang dialami seseorang seringkali membuat orang tersebut merasa down dan kehilangan semangat. Lebih parahnya lagi seringkali manusia menyalahkan takdir Tuhan dan mengatakan bahwa Tuhan sangat tidak adil, Astagfirullah!

Jikalau anda hanya melihat "ke atas" dan melihat kesenangan orang lain di saat anda sedang merasa susah, maka tidak aneh jika yang ada di dalam pikiran anda adalah bahwa anda orang yang tidak beruntung. Padahal jika anda melihat " ke bawah" dan banyak mengucap syukur akan nikmat Tuhan sekecil apapun itu, percayalah... bahwa sebenarnya anda adalah manusia yang paling beruntung di dunia.

Saya ingin sedikit berbagi kepada anda, rahasia kecil yang saya miliki agar saya selalu merasa menjadi orang yang paling beruntung dan tidak pernah kehilangan semangat bahkan pada saat terpuruk sekali pun. Simple saja kok, simak ya kiat yang sudah saya terapkan selama ini :

1. Selalu bersyukur
Syukuri apa yang anda miliki sekecil apapun itu. Walau pun hanya nikmat kesehatan tapi itu sangat wajib untuk disyukuri. Lihat sekeliling anda, tidak semua orang bisa bergerak bebas dan masih memiliki fisik yang lengkap juga bisa menikmati yang namanya berselancar di internet. Jika anda bisa membaca artikel ini, berarti anda termasuk salah satu manusia yang paling beruntung di dunia. Karena semiskin apapun anda tapi jika masih bisa membaca dan ber-online -ria, itu tandanya anda masih sangat beruntung...he.

2. Fokus dan konsekuen pada cita-cita
Impian anda adalah sumber kekuatan anda. Tanpa anda sadari alam bawah sadar anda akan terus membimbing anda untuk mewujudkan semua cita-cita yang telah anda impikan. Itulah sebabnya, manusia yang tidak punya mimpi dan cita-cita adalah manusia yang tidak punya harapan akan masa depan. Jangan pernah menyepelekan hal ini, karena bukan rahasia umum bahwa sugesti pikiran anda akan terwujud dalam jangka panjang. Itu adalah hukum alam yang sudah diakui oleh para ahli secara teori. Dan tidak sedikit para pakar dan peneliti yang menuliskan hal tersebut. Sebut saja Rhonda Byrne, Ippho Santosa dan masih banyak pakar motivasi dan otak kanan yang membenarkan hal tersebut. So? Jangan pernah berhenti bermimpi dan terus berusaha mewujudkannya.

3. Yakin Yakin Yakin Yakin Yakin Yakin Yakin
Ini saya adopsi dari 7Ynya Ippho Santosa. Bila anda Yakin dan mensugestikan otak anda untuk itu, maka yang terjadi adalah apa yang anda yakini tersebut akan menjadi kenyataan. Dan hal itu tentunya akan membuat anda selalu merasa semangat dan terus termotivasi untuk bergerak maju dalam keadaan apapun.

4. Bacalah tulisan yang memotivasi dan berisikan hal-hal yang positif
Hal ini sangat penting. Biasanya apa yang anda baca akan mempengaruhi cara berpikir anda secara tidak langsung. Jika anda tidak suka membaca tulisan yang panjang yang membuat anda merasa jenuh, anda bisa membaca quote atau petikan motivasi. Itu secara tidak langsung akan membuat pikiran anda terpacu untuk tetap bersemangat. Jangan mengandalkan orang untuk membangkitkan semangat anda. Andalkanlah Sang Maha Pencipta, hanya Dia satu-satunya Dzat yang maha bisa diandalkan dalam keadaan apapun.

5. Belajar dari orang-orang yang pernah gagal
Rata-rata orang sukses yang terkenal pasti pernah mengalami yang namanya kegagalan. Kita bisa pelajari dan mengambil hikmah dari kegagalan orang-orang tersebut dan jadikan sebagai bahan pelajaran agar apa yang mereka alami jangan sampai menimpa pada diri anda. 

6. Jangan berlebihan pada pikiran dan perasaan sendiri
Lebay! Biasanya orang yang sedang mengalami masalah suka menjadi lebih berlebihan dalam berpikir, itu normal terjadi dan sangat manusiawi. Sekarang tinggal bagaimana anda menyikapi hal tersebut dalam tindakan yang positif. Jika anda sedang mendapat masalah, sah-sah saja jika anda mempublikasikan hal tersebut ke orang lain, asal dengan tujuan yang positif, misal ingin memberi kabar kepada orang tertentu dengan harapan bisa mendapat solusi dan bantuan untuk anda, bukan hanya sekadar curhat kosong tanpa isi.

7. Dengarkan musik
Jangan asal musik, tapi musik yang berisikan lirik yang memotivasi dan memicu semangat anda. Seperti lagu "Jangan Menyerah"nya d'Masiv, itu hanya salah satu contohnya saja. Ini penting untuk mengembalikan mood anda. Karena mendengarkan musik adalah cara terampuh untuk menstimulasi otak anda agar menjadi fresh. Itulah sebabnya sangat penting untuk memilih lagu yang anda dengarkan di saat down, jangan sampai salah-salah yang akhirnya hanya akan membuat anda semakin merasa down karena terhanyut dengan isi lagu yang melankolis dan sendu abiss.

8. Semangati & hibur diri sendiri dengan membuat quote atau tulisan yang positif
Menghibur diri itu penting, bisa membuat pikiran anda menjadi lebih lega dan tenang. Anda bisa menyampaikan isi hati anda melalui tulisan di media mana pun yang anda inginkan. Tapi sebaiknya isinya jangan berupa keluhan, karena mengeluh hanya akan membuat anda semakin merasa terbebani oleh pikiran anda sendiri.

9. Merenung sejenak
Diam dan merenung bukan berarti anda harus bersedih, tapi hanya sekadar untuk mengambil napas dan rehat dari kepenatan. Jeda itu penting untuk merefresh otak, gunakan waktu jeda itu untuk menyiapkan langkah matang ke depan anda selanjutnya.

10. Interaksi dengan orang terdekat
Jangan sembarangan curhat dan mengeluarkan keluh kesah pada orang yang tidak anda kenal dengan sangat baik. Curhat memang bisa membuat beban menjadi sedikit berkurang, asalkan hal itu anda sampaikan pada orang yang tepat. Pengaruh semangat juga bisa timbul karena anda berbagi dengan orang yang sangat anda sayangi.

Sangat simple, bukan? Jangan pernah berdalih dengan mengatakan hanya berbicara itu gampang, teori tidak sama dengan kenyataan yang dialami bla bla bla. Jangan kebanyakan alasan! Just action! Bagaimana anda bisa tahu hasilnya jika anda tidak mempraktikannya langsung? Life was go on sob! so? keep move on yaaa. Dan tetap berpegang pada kata sakti "Keep positif thinking!"

26 komentar:

  1. Bagus nih mba tulisannya, mendidik..salam kenal, sukses yah

    BalasHapus
  2. Bila sedang 'down' saya akan berdoa,meditasi otak dan mendengarkan musik buat melepaskan kepenatan jiwa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip lah, byk cara kok sebenarnya, asalkan niat.. hehe

      Hapus
  3. Artikelnya bagus
    Salam:
    http://kelilingriau.blogspot.com/2012/12/semua-semua-ada-di-bank-mandiri.html

    BalasHapus
  4. @Mel Ara, WOW KEREN dan sangat bermanfaat...

    aku suka kata2 yg ini => Bacalah tulisan yang memotivasi dan berisikan hal-hal yang positif.
    Semangati & hibur diri sendiri dengan membuat quote atau tulisan yang positif.

    #terimakasih ....
    Salam Kaizen => http://danikaizen.blogspot.com

    BalasHapus
  5. tahun baru kok down.. :)

    tetapi memang betul, kiat2 di atas cocok untuk mengawali tahun baru supaya bisa lebih semangat.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, aq gak down kok... judulnya aja yg down...xixixi

      Hapus
  6. setuju mbak Mel, perasaan DOWN tu tak boleh berlarut2 kan?
    thanks 4 the share mbak...

    BalasHapus
  7. join balik yah...
    http://dhilasmart.blogspot.com/

    BalasHapus
  8. wah harus yakinnya sampai 7x ya mba Ara..he..
    saya terapkan ya kiatnya.. biar kaya mba Ara, selalu semangat! :D

    BalasHapus
  9. Subhanallah bagus sekali tulisan memotivasinya...tapi boleh saran ga mba?ditambahkan lg lagunya jgn cuma d'masiv aja hehe
    Ayo semangat yg sedang merasa down,roda kehidupan akan terus berputar,ada saatnya nanti kita yg merasakan down berada di puncak roda kehidupan (ง'̀⌣'́)ง

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih yaaaa... iya, harus tetap semangat ya :)

      Hapus
  10. mantap deeeehh.....
    Lam kenal ya

    BalasHapus