Senin, 15 Juli 2013

Jangan Melihat Segala Sesuatu dari Luarnya Saja


Pernah mendengar istilah 'Don’t judge the book by its cover'? Pengertian gamblangnya gini ... jangan menilai sesuatu dari luarnya saja. Apa pun itu, segala sesuatu yang terlihat 'WAH' dari luar, belum tentu dalamnya juga 'WOW' lho.

Termasuk menilai kesuksesan seseorang. Yang dinamakan sukses pada dasarnya adalah berhasil. Tapi tidak banyak orang tahu, kalau sesuatu yang terlihat berhasil dari luar, ternyata dalamnya juga belum tentu bagus hasilnya. Contohnya gambar di atas, hehe.

Berhasil itu ... bila kita bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat tidak hanya bagi diri kita sendiri. Ukuran berhasil tidak selalu harus menjadi terkenal. Contohnya sebuah buku, atau mungkin benda lain yang mungkin tidak banyak orang tahu tentang keberadaannya. Kalau istilah 'limited edition' itu masuk kategori istimewa, mungkin ada benarnya juga. Sesuatu yang bagus itu kadang susah didapat atau dilihat. Seperti halnya kesuksesan yang benar-benar sukses, tak semua orang bisa mengetahuinya.

Orang yang berpenampilan mewah dengan segala atribut bermerek yang dipakai, belum tentu bisa dikatakan orang itu sukses. Bisa jadi segala apa yang dikenakannya bukan milik pribadi, lebih parah lagi ... status benda-benda tersebut masih terdaftar sebagai barang 'utang'. Sedih sekali mendapati fenomena seperti itu berkembang dengan maraknya di sekitar kita. Kesuksesan sejati adalah keberhasilan murni. Sesuatu yang dicapai jujur dan membawa manfaat bagi khalayak. Jadi jangan pernah memandang suatu kesuksesan hanya sebatas dari apa yang dilihat secara kasatmata. Intinya: tau luar itu gampang, tau dalam yang penting!

4 komentar:

  1. super sekali kak.
    kapan nih bisa ketemu penulis novel yg stu ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. main sini ke tangerang, hehehe

      Hapus
  2. Balasan
    1. makasih Ayu udah berkunjung :)

      Hapus